#Beethoven250

Sejak awal bulan Desember ini aku melihat cukup banyak postingan dengan tagar #Beethoven250 untuk merayakan ulang tahun Ludwig van Beethoven yang ke-250, dan kayanya it’s only fair kalau aku bikin karya lettering juga untuk beliau, seperti yang aku buat untuk Niccolò Paganini beberapa waktu lalu… So here it is!

Agak aneh? Iya aku setuju wkwkwk. Lettering pakai Stabilo Pen 68 brush, zentangle memakai Snowman drawing pen 0.1 dan 0.8.

Aku bukan fans berat Beethoven dan nggak hafal banyak karya ciptaannya, tapi karya-karyanya memang jelas fenomenal dan pasti familiar di telinga banyak orang. Sebut saja, Fifth Symphony, Fur Elise, dan Ode to Joy. Meskipun kamu nggak hafal ini lagu yang mana dari judulnya, kalau denger nadanya kamu pasti kenal deh 😀

Beethoven lahir tahun 1770, sejak kecil kejeniusannya dalam bermusik sudah terlihat, dan beliau pun sudah diprediksi akan menjadi “the next Mozart” pada zaman itu. Katanya, beliau dianggap tidak terlalu pintar di sekolah, lalu memilih untuk menekuni musik sejak dini.

Kemampuan dan karirnya terus melesat, namun di puncak karirnya sebagai pianis virtuoso, beliau mulai kehilangan pendengarannya. Bagi seseorang yang bergelut di dunia musik, ini bencana besar banget kan. Tapi justru, karya-karyanya yang legendaris terlahir pada saat beliau mulai tuli loh, hebat ya!

Karya favoritku dari Beethoven, tentu saja, Moonlight Sonata, terutama movement ke-3.

Secara audio dan visual satisfying banget gak siiih? Ala ala game VOS / O2Jam duluuu~

Karya favoritku yang lain dari beliau adalah Kreutzer Violin Sonata. Kalau kamu nonton anime Shigatsu wa Kimi no Uso / Your Lie in April, mungkin familiar wkwkwk. Ini lagu yang dimainin Kaori pas audisi dan ditonton sama Arima Kousei untuk pertama kalinya. Aku udah agak-agak lupa cerita lengkapnya, tapi bagiku momen satu ini ikonik banget dan musiknya super berkesan, dan memang aku mulai kenal dan suka Kreutzer setelah nonton anime ini 😀

Masih banyak karya lainnya dari beliau yang super mengagumkan, tapi cukup lah ya bahasannya. Tadinya aku cuma mau posting gambar aja, tapi malah jadi ngetik banyak gini hahaha. Dan rasanya udah lama nggak latihan nulis jadi berasa berantakan, maka mari kita sudahi saja. Pokoknya, selamat ulang tahun ke-250, Beethoven!

One thought on “#Beethoven250

  1. Hai mbak tulisannya bagus banget 😀
    Senang ada yg bicarakan musik klasik. Walau bukan pemusik, saya suka musik klasik bahkan kadang baca2 sejarahnya.

    Untuk beethoven favoritsaya Fur Elise dan Simfoni Eroica. Tapi yg diatas juga stunning. 😀 salam..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s