5 Lettering Artists yang Wajib Dikepoin!

Setelah sebelumnya bikin top-five seniman favoritku untuk kategori zentangle (bisa baca di sini), di tulisan kali ini aku membuat daftar 5 seniman yang paling menginspirasiku dalam bidang lettering. Pokoknya harus banget kepoin mereka! Maksa wkwkw.

Sedikit cerita, dulu yang pertama kali mengenalkanku dengan brush lettering adalah kak Fusi (@ayutafladiba). Enggak kenal sih, tapi aku suka banget dengan hasil karya lettering yang diposting di akunnya. Dan saat aku tahu ada workshop di kotaku dengan beliau sebagai narasumbernya, langsung aku cus! Dari situlah aku beneran mulai belajar dan seneng banget sama brush lettering. Kalau bukan karena satu workshop itu, kayanya aku akan selamanya merasa cukup jadi penikmat karya-karya lettering aja deh 😀

Pokoknya berawal dari situ, aku mulai mencari banyak karya-karya lettering di Instagram biar semakin termotivasi untuk terus belajar. Nah ini dialah para suhu yang sejak pertama aku lihat karyanya hingga sekarang, tetap membuat aku tergugah untuk menekuni lettering (walaupun sering ada masa-masa vakum juga sih kaya sekarang wkwkwk).

Ini aku urutkan dari yang paling membuatku semangat untuk belajar lettering yaa, bukan berdasarkan yang paling bagus dsb, soalnya memang semuanya bagus bagus banget Oh iya, ini nggak terbatas di brush lettering aja melainkan lettering secara umum. Yuk yuk mulai~

1. Stefan Kunz (@stefankunz)

WAJIB FOLLOW! Wkwkwk. Sepertinya dia artist yang jadi panutan banyak orang, karena memang ahli banget dalam bidang lettering baik secara tradisional ataupun digital. Yang aku suka dari karya-karyanya adalah penggunaan kombinasi beberapa jenis huruf dalam satu karya, yang komposisi dan setiap elemennya bagiku perfect keterlaluan

Belum lagi kalau dia membuat mural pakai kapur di tembok studionya, yang secara berkala selalu dihapus-gambar-hapus-gambar! Bener-bener bikin kagum. 

Bukan hanya karyanya yang ajaib, tapi somehow dia selalu bisa memberikan motivasi kepada audiensnya untuk terus berkarya! Manusia rebahan kaya aku aja sering tergerak kalau udah lihat postingannya, hahaha. Dari sosoknya lah aku menanamkan prinsip ‘create something today even if it sucks‘. Dan dia juga salah satu artist yang berhasil bikin aku beneran mulai belajar menggambar secara digital 😀

2. Suzy Grace (@howtohandletter)

Aku menemukan akun ini pas awal banget aku belajar brush lettering. Aku memasukkan kata kunci ‘how to hand letter‘ dan beneran keluar akun dengan nama yang sama wkwkwk. Spesialisasinya adalah brush lettering.

Yang pertama kali aku notice dari video-videonya adalah secara visual bright banget dan tulisannya terlalu gemasss! Kontennya banyak berupa tutorial, pastinya bener-bener insightful untuk pemula, dan gampang dimengerti. Suaranya saat menjelaskan juga super lembut 😀 Semakin banyak video darinya yang kutonton, semakin banyak juga pemahamanku tentang hand lettering.

Oh iya, di website miliknya juga banyak practice sheet yang bisa membantu kamu latihan lettering, dan bisa diakses secara gratis loh! Selain itu, ada banyak ulasan brush pen yang dibuatnya, dengan penjelasannya yang sederhana tapi komprehensif.

3. Brenna Jordan (@calligraphybybrenna)

Video proses lettering yang diposting di Instagram-nya bisa kutonton berkali-kali, soalnya dekorasi flourish yang dibuatnya perfect banget! Karyanya mungkin kelihatan super simpel dan effortless, tapi aku tahu itu sesungguhnya sangat sulit dan nggak bisa dicontoh begitu saja wkwkw. Ini salah satu contohnya:

View this post on Instagram

“To shine your brightest light is to be who you truly are.” —R.T. Bennet ✨ “Never dull your shine for somebody else.” —Tyra Banks ✨ “Shine with all you have. When someone tries to blow you out, just take their oxygen and burn brighter.” —Katelyn S. Irons ✨ Tag a graduate who could use these words! Swipe to see pics of our second oldest’s graduation. It has been such a strange year of losses for our senior, but I am so proud of Jayva, and learn so much from her! She has not let these uncontrollable circumstances dim her love for life and adventure. ✨ Congratulations to the Class of 2020!! ✨ Pens: @karinmarkers deco brush metallic black Pentel Sparkle Paper: black cardstock

A post shared by Brenna Jordan (@calligraphybybrenna) on

Satisfying banget kan liatnyaa? Masih banyak karya-karya lain di Instagram-nya yang nggak kalah menarik untuk ditonton berkali-kali dan bikin makin semangat belajar lettering!

4. Amanda Rach Lee (@amandarachlee)

Kalau yang satu ini, spesialisasinya di bullet journaling. Walaupun aku sendiri nggak nge-jurnal, aku selalu nontonin video journal set-up miliknya di hampir setiap bulan 😀 Lettering dan doodle di jurnalnya bener-bener apik dan menggemaskan! Beberapa style dekorasi lettering yang biasa kugunakan juga terinspirasi dari kreasi jurnalnya loh.

Selain itu, dia hobi banget hoarding koleksi berbagai art supplies, dan aku bisa relate paraaah hahaha. Bisa cek di YouTube-nya ya, seru!

5. Nico Ng (@nic_the_)

Ini salah satu seniman yang aku ikuti sejak awal banget aku mulai main Instagram. Sebelum menekuni lettering, ia rutin posting karya-karya zentangle-nya (ia kucantumkan juga di salah satu seniman yang menginspirasiku dalam membuat zentangle!). Banyak karyanya yang menggunakan warna emas, fix cantik banget dan memang awal mula aku suka pake warna-warna metallic ya dari seniman satu ini. Ia juga sering membagikan tutorial yang akan sangat berguna untuk kita-kita yang masih belajar lettering.

View this post on Instagram

Shared my practice session LIVE earlier! Went through my entire process (from start to finish and my thoughts in between) in creating this intertwined lettering. You can watch it on my IGTV if you missed the live.😊 I don't usually erase the pencil markings cause this is a practice piece, and I kinda like lettering with guides unerased better. 😅 ⬅️ Swipe to see the detailed shots. – Chose to do this phrase because @spotify suggested this song earlier. The title of the song is "Now" by @apollograms. I love the lyrics of the chorus, so I picked these three words of the chorus to letter. Here's the chorus: 🎶 Every story, every scar You are loved the way you are There’s nothing you need to prove Cause heaven knows your name There’s a reason you were made Fearfully and wonderfully you 🎶 Go give it a listen!🙏🏻😊 – Used: * 7mm #LetterRuler * @tombowph Dual Brush Pen (Sea Blue & Tiki Teal) and the small waterbrush * @pilotpensphilippines fine gold marker

A post shared by Nico Ng | Lettering & Design (@nic_the_) on

Ada beberapa karyaku yang secara langsung terinspirasi dari karyanya, karena memang sengaruh itu karya-karyanya untukku. Aku juga pernah ikut workshop-nya di Jakarta! One precious day in my life, karena lucu aja, beneran nggak nyangka bisa diajarin langsung sama ahlinya, setelah bertahun-tahun mengamati lewat layar

Gimana gimana? Keren banget kan mereka ini~ Kamu bisa kepoin akun mereka yaa untuk lihat lebih banyak karyanya! Soalnya ini aku comot sampelnya yang bagiku ‘klik’ aja, tapi tentunya masih banyak karya lainnya dari mereka yang nggak kalah inspiratif.

Dan sebenernya masih banyaaak banget seniman-seniman dengan karya yang super bagus dan menjadi inspirasiku untuk terus belajar lettering, tapi lima akun di atas adalah yang paling membuatku ingin terus berkembang. Siapa tau bisa “menggerakkan” kamu juga, hihihi.

Siapa inspirasi kamu dalam lettering? Boleh dong di-share juga buat tambahan referensikuuu 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s