5 Seniman yang Menginspirasiku Untuk Terus Menggambar Zentangle!

Dari judulnya, udah tau kan aku mau nulis apa di sini? Hehehe.

img_20200117_202904-01
Dibuat memakai Zebra Mildliner brush pen (biru & kuning), dan Snowman brush pen (hijau). Outline hitam memakai Copic Multiliner 0.03.

Bagiku, istilah “inspirasi” tuh agak… Overused. Lol. Tapi di sini aku akan pakai istilah ini karena rasanya belum menemukan kata lain yang lebih cocok untuk menggambarkan ‘ledakan’ aku biasa rasakan ketika melihat karya-karya tertentu.

Aku udah suka menggambar sejak lama. Tapi setelah membuat akun Instagram (sekitar awal tahun 2014), aku menjadi semakin giat menggeluti hobi ini karena menemukan banyak karya-karya menginspirasi yang membuatku enggak bisa berhenti menggambar!

Nah, dalam tulisan ini, aku ingin berbagi tentang beberapa seniman yang kuketahui melalui Instagram, yang enggak pernah gagal untuk membuatku merasa terinspirasi setiap melihat karya-karya buatan mereka. Dari sekian banyak seniman yang kuikuti, ini lah top five-ku untuk kategori zentangle / mandala.

–Untuk lettering, sepertinya harus kubuat tulisan terpisah πŸ˜€

Akun-akun ini aku urutkan dari yang bagiku paling menginspirasi, alias yang paling membuatku termotivasi dan semangat untuk terus menggambar!

1. Brita Lynn Thompson (@zenspiredesigns)

Ia salah satu seniman yang membuatku beneran mulai mencoba gambar zentangle beberapa tahun lalu, yang ternyata membuatku ketagihan. Ia membuat karya yang diciptakannya terlihat mudah dan doable untuk dilakukan, walaupun kalau aku coba meniru gambarnya jelas enggak bisa dibandingkan.

Yang paling aku suka dari karya buatannya adalah setiap garis yang dicoretkannya selalu kelihatan super tegas! Dalam video-video yang diunggahnya, terlihat bahwa tangannya sangat steady saat menggambar. Setiap garis seakan-akan dibuat tanpa mikir dan enggak ada keraguan sama sekali (kalimat ini masuk akal gak sih?πŸ˜‚) Ia juga salah satu yang membuatku sangat suka dengan Sharpie!

2. Nico Ng (@nic_the_)

Aku udah follow seniman satu ini sejak awal-awal aku bikin akun Instagram. Zentangle buatannya keren banget, alus banget, rapi banget! Ia juga sering membuat karya lettering, dipadukan dengan zentangle yang menjadi ciri khasnya. Sering bikin tutorial lettering juga, yang bagiku sangat sangat berguna. Terus jago papercutting juga. Pokoknya aku ngefans sama semua karya-karyanya!

Aku pernah bertemu langsung dengan Nico di lokakarya yang diadakan Tombow di Jakarta tahun 2018 lalu. Dia brand ambassador Tombow Filipina, dan jadi pemateri di acara tersebut. Aku ngerasa agak awkward karena biasanya cuma lihat lewat smartphone, terus tiba-tiba bisa lihat manusia aslinya ngegambar secara live dan real-time. Tapi untungnya dia ramah banget pas ngobrol πŸ˜€

20180923_110102
Selama acara terlalu fokus, dan ini satu-satunya foto yang kuambil wkwk.

3. @lady_meli_art

Nah, kalo seniman satu ini asalnya dari Indonesia. Karyanya sangat detail dan selalu colorful, setiap lihat postingannya bikin aku bahagia ❀ Karya yang detail tentunya membutuhkan waktu yang tidak sebentar, tapi hampir setiap hari selalu ada karya baru darinya. Keren banget kan.

4. @visothkakvei

Duh, kalo yang satu ini mah, kayanya idola semua orang. Aku udah ikuti karya-karyanya sejak cukup lama, dan memang makin sini makin apik. Gambarnya sangat detail, kebanyakan dibuat hanya dengan fineliner bertinta hitam ukuran kecil. Karyanya keren banget banget banget sampe bingung deskripsiinnya gimana, lihat sendiri ya di bawah ini wkwkw.

5. Simran Savadia (@floral.art)

She’s definitely one of my favorites! Aku suka semua karya-karya yang diposting olehnya dari segi ide, komposisi, warna, dan caranya mengambil foto. Dan, seperti deskripsiku tentang @zenspiredesign, setiap garis yang dibuatnya selalu terlihat tegas dan sangat satisfying untuk dilihat. Selain karya-karyanya yang berwarna vibrant seperti di bawah ini, ia juga sering membuat karya monokrom hitam di atas putih yang selalu berhasil bikin aku jatuh cinta.

Sooo that’s my top five! Kalau kamu tertarik dengan zentangle, kamu bisa cek masing-masing akun Instagram di atas untuk lihat karya lainnya dari mereka. Aku jamin enggak akan nyesel!

Saat lagi mengalami art block, kadang aku sengaja lihat-lihat karya-karya mereka. Bukan untuk meniru (karena memang enggak bisa wkwkwk), tapi biar semangat lagi untuk bisa menggambar lebih banyak dan lebih baik. Yaaa memang kadang-kadang aku ini terlalu gampang ter-influence 😌 Tapi siapa tau bisa satu langkah lebih dekat dengan bagusnya kualitas karya mereka kan. Hehehe.

Kalau kamu gimana? Siapa sumber inspirasi kamu untuk terus berkarya?

3 thoughts on “5 Seniman yang Menginspirasiku Untuk Terus Menggambar Zentangle!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s