Brush Lettering 101: Rekomendasi Brush Pen Terbaik untuk Pemula!

(disclaimer: tulisan ini bersifat subjektif, berdasarkan pendapat dan pengalaman pribadi.)

“Brush pen favorit kamu apa?”

Ini pertanyaan yang lumayan sering ditanyakan oleh teman-teman yang ingin mulai belajar brush lettering, dan sejujurnya kalau diminta untuk pilih satu, rasanya sulit! Setiap pen tentunya punya kelebihan masing-masing. Brush pen favoritku pada dasarnya adalah yang paling gampang digunakan, karena aku pun termasuk beginner yang masih belajar 😀 Di sini aku rangkum tiga pen favoritku untuk lettering alias yang sekiranya paling cocok untuk pemula ya!

img_20190616_123727-01
Beberapa koleksi brush pen-ku.

3. Crayola Markers (Broad Tips)

Crayola ini sebenarnya bukan brush pen, tapi bisa banget untuk dipakai lettering. Aku sendiri pakai yang broad tips, nyaman sekali pakai ini dan rasanya gampang untuk mengontrol garis yang tipis dan tebal, bahkan untuk pemula. Gak perlu khawatir ujungnya rusak, karena dia bukan brush.

img_20190616_123846-01
Bukan brush tip, tapi hasil coretan-nya bisa seperti brush pen.

Spidol Crayola banyak digunakan dalam lettering baik oleh pemula maupun professional karena harganya yang cukup murah, penggunaan yang mudah, gampang untuk di-blend, dan pilihan warna yang banyak (sampai 100 warna untuk tipe Supertips! Baca ulasan lengkap dariku di sini).

Harga : Sekitar 70K-80K / pak (isi 8 warna)

crayola
Hasil scan alfabet menggunakan Crayola markers.

2. Tombow Fudenosuke (Soft tip, hard tip, twin tip)

(Bisa klik di sini untuk baca ulasan lengkapku mengenai brush pen Tombow.)

Ini salah satu pena yang paling sering aku pakai. Untuk latihan pun aku suka banget pake pen ini. Ujung penanya terbuat dari plastik yang artinya dia tidak terlalu lentur, cukup firm saat dipakai sehingga mudah dikontrol, dan gak perlu khawatir akan frayed. Selain nib nya yang awet, tintanya yang intens juga membuat dia jadi salah satu brush pen favoritku, dan selalu aku rekomendasikan untuk first timer.

img_20190517_132727-01
Tombow fudenosuke Soft tip (atas) dan Hard tip (bawah)

Harga : Kisaran 20-25K / pcs (soft, hard tip), 30-35K / pcs (twin tip)

Untuk baca lebih jelas mengenai perbedaan Tombow fudenosuke hard tip dan soft tip, bisa baca tulisanku sebelumnya di sini yaa! Untuk twin tip, ujung penanya sama dengan soft tip, dengan tambahan tip berwarna abu-abu di ujung satunya dan sangat pas untuk memberi efek shadow pada lettering.

cci05172019-2
Hasil scan alfabet menggunakan Tombow fude Hard tip (atas) dan Soft tip (bawah).

1. Stained by Sharpie

Stained by Sharpie ini adalah brush pen yang aku pakai saat belajar lettering pertama kali di salah satu lokakarya dua tahun lalu. Dan setelah mencoba berbagai tipe brush pen dari banyak merek, favoritku sampai sekarang tetap si Sharpie Stained ini karena brush-nya berukuran medium, kelenturannya yang juga medium (gak terlalu firm tapi gak lentur banget juga), dan flow tintanya juara. Tinta yang mengalir kerasa juicy banget dibandingkan brush pen lain.

img_20190616_123858-01
Brush pen paling nyaman menurutku! ❤

Karena dia serba medium, alias gak terlalu besar gak terlalu kecil, gak terlalu kaku tapi gak terlalu lentur; latihan dengan Sharpie ini bisa sangat membantu kamu dalam membentuk muscle memory. Jadi dengan latihan rutin pakai ini aku yakin kamu gak akan merasa asing dengan brush pen lain yang ukuran dan fleksibilitasnya sedikit berbeda!

Harga : Kisaran 20-25K / pcs

(Sayang, warna yang tersedia dari Sharpie Stained ini hanya sedikit dan dia waterproof jadinya gak bisa di-blend dengan warna lain. Dan barangnya seringkali kosong.)

sharpie
Hasil scan alfabet menggunakan Stained by Sharpie.

BACA JUGA: Review SEMUA Brush Pen di Indonesia!

Kalau kamu tertarik untuk belajar handlettering, bisa mulai dengan ketiga pen di atas ya! Saat kamu pertama kali pakai mungkin agak awkward karena brush pen memiliki ujung yang berbeda dengan pena lain pada umumnya, tapi dengan latihan pasti bisa kok!

Atau kalau kamu punya rekomendasi brush pen lain yang cocok untuk pemula bisa komentar di bawah ya! 😀

3 thoughts on “Brush Lettering 101: Rekomendasi Brush Pen Terbaik untuk Pemula!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s