Menghadapi Art Block!

Art block adalah keadaan dimana seseorang merasa tidak memiliki ide, inspirasi, atau motivasi untuk membuat sebuah karya seni (Aida, 2019). Lol jk. Tapi memang kurang lebih seperti itu yaa. Hihi. Kamu pernah mengalaminya juga?

Aku pernah, bahkan cukup sering. Ada waktu-waktu dimana aku punya banyak kesempatan untuk menggambar (alias gabut), tapi saat menghadapi sebuah kertas yang masih kosong, tidak ada satu pun ide yang muncul. Do I suck at this? Keraguan selalu datang di saat-saat seperti ini, yang pada akhirnya membuat kertas itu pada akhirnya tetap kosong.

Banyak distraksi lain yang terasa lebih menarik dan kurasa akan membantuku lupa bahwa aku tidak pandai menggambar. Kemudian saat aku mulai termotivasi kembali dan mencoba mencari inspirasi dengan melihat karya-karya lain yang luar biasa bagus, hal yang malah terlintas di otakku adalah, bahwa sebanyak apapun usaha yang aku kerahkan, gambarku bahkan tidak akan pernah mendekati level mereka walau hanya satu jengkal.

artblock
Ilustrasi oleh ResoluteAssassin.

Untungnya, art block tidak pernah bertahan lama untukku. Here’s how I fight it when it haunts!

Give yourself a break. Art block adalah hal yang umum terjadi kalau kamu terlalu memaksakan dirimu dengan target-target tertentu (misal, mengharuskan diri untuk menggambar setiap hari). Yang pasti, jangan menjadikan itu menjadi sebuah ‘keharusan’, tidak apa-apa kok beristirahat sejenak, malah kadang-kadang ide muncul saat kamu tidak melakukan apa-apa. The power of doing nothing itu nyata loh.

It’s okay to steal somebody’s style. Kalau kamu kehabisan ide atau bosan dengan karyamu yang itu-itu saja, ingat kata-kata ini. Kamu boleh mengambil gaya seniman lain yang kamu kagumi. Dengan mencoba dan menggabungkan beberapa gaya seniman lain, kamu mungkin bisa menemukan gayamu sendiri yang baru!

Eh, mengambil gaya seseorang bukan berarti copy-paste karyanya yaaa :’) Kalau hanya untuk latihan tentu tidak jadi masalah, selama kamu memberi kredit pada seniman aslinya dan tidak memperjualbelikan karyamu tersebut.

Look at your old artworks. Lihatlah sejauh apa kamu sudah berkembang. Waktu yang kamu pakai untuk mengasah skill menggambarmu tidak akan terbuang sia-sia dan karyamu sekarang mungkin sudah jauh lebih bagus dengan karyamu dulu. Bisa juga loh membuat ulang karya yang sama untuk membandingkan sejauh mana kamu berkembang.

Continue your work-in-progress a.k.a WIP. Aku yakin pasti kamu punya karya-karya yang masih setengah jadi! Haha. Melanjutkan karya-karyamu yang masih setengah jadi biasanya akan sangat membantu kamu menemukan inspirasi baru.

Buy new art supplies! Pernah dengar yang namanya novelty effect? Nah, bagiku alat gambar baru selalu membuatku semangat! Setiap pulpen, sketch book, atau marker memiliki sensasi yang berbeda, dan setiap aku memiliki satu alat baru, atau sekedar warna yang baru, itu menjadikanku antusias untuk membuat sesuatu yang baru! Maybe it will work for you too 😀

Next time when an idea crossed your mind but you don’t have the time to create it, take a note. And look at that note when art block hits you. Biasanya ide justru muncul saat kita sedang sangat sibuk dengan kegiatan lain, dan tidak ada waktu untuk merealisasikan ide tersebut. Ambil waktumu sejenak untuk mencatat atau membuat coretan idemu tersebut, your future self will thank you for that. Di bawah ini adalah salah satu karya favoritku sampai saat ini, yang berawal dari sebuah sketsa super ngasal yang idenya muncul secara tiba-tiba saat aku melihat quote di bawah.

Setiap orang pasti pernah mengalami art block dan menghadapinya dengan cara yang berbeda, dan cara di atas adalah cara-cara yang manjur untukku. Semoga ini bisa membantumu juga dalam menghadapi art block ya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s