Gambar Modal Seribu!

Kata siapa membuat gambar yang ‘bagus’ perlu alat yang mahal? Kualitas dari suatu alat gambar memang biasanya berbanding lurus dengan harga, tapi bukan berarti kita gak bisa berkarya hanya dengan alasan gak punya modal dong 😀

Kali ini aku mencoba membuat gambar dengan menggunakan sebuah spidol yang sudah eksis cukup lama: Snowman marker, yang harganya hanya seribu rupiah. Kertas yang aku pakai adalah kertas HVS biasa merk PaperOne, anggaplah harganya 100 rupiah. Please note, totalnya hanya Rp1,100! Cuma seharga satu tusuk telur gulung depan SD, hahaha.

img_20190526_145227-01
Modal gambarku hari ini. Btw, rasanya kertas A4 terlalu besar, jadi aku lipat dua jadi ukuran A5.

Tema gambar yang sengaja dipilih adalah sesuatu yang sudah lumayan familiar bagiku, yaitu Zentangle. Dalam menggambar kali ini, aku tidak membuat sketsa terlebih dahulu. Aku sengaja pakai timer yang akan berbunyi setiap lima menit sebagai pengingat untuk mengambil foto. Daaan berikut hasilnya!

img_20190526_145904-01
5 menit.
img_20190526_150630-01
10 menit.
img_20190526_151236-01
15 menit.
img_20190526_152503-01
20 menit.
img_20190526_191404-01-1
25 menit.
img_20190526_192443-01
30 menit.
img_20190526_194502-01
Done! Total waktu: 35 menit.

Selesai! Bisa kan, berkarya dengan modal seribu? Spidolnya pun masih bisa dipakai untuk gambar-gambar selanjutnya.

Berkarya bukan mengenai hasil yang bagus atau tidak, tapi, apa sih yang dirasakan selama prosesnya? Aku menikmati setiap garis yang kugoreskan di kertas ini, jadi ini adalah karya yang ‘bagus’ bagiku.

Art isn’t supposed to look nice; it’s supposed to make you feel something.

Berani buat gambar dengan modal yang sama? Yuk buktikan bahwa berkarya gak harus berduit!

3 thoughts on “Gambar Modal Seribu!

  1. Mantap, Mbak Aida :”’) ♥ aku belajar menggambar bentuk dasar, bikin garis vertikal horizontal aja sulit banget lurus :””

    Kira2 butuh berapa lama latihan sampai bisa ngegambar kayak gini, Mbak? Adakah tips dan tricknya? Wkwk

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s