Belanja Alat Gambar: Pilih Online atau Offline?

Zaman sekarang siapa sih yang ga pernah belanja online? Bahkan untuk sebagian orang, sepertinya udah merupakan bagian dari gaya hidup ya. Belanja online memang sangat praktis dan seringkali lebih murah, apalagi semenjak para e-commerce bersaing dengan promo-promonya tanpa akhir. Tapi, dalam berbelanja alat gambar, tentunya ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, misalnya saja mengenai warna. Sebagai contoh, banyak brand pulpen atau cat air memiliki puluhan bahkan ratusan pilihan warna, namun sayangnya seringkali warna di layar handphone/laptop berbeda dengan warna aslinya. Sebenernya, lebih menguntungkan belanja online atau offline, sih? Di sini aku coba list plus minus nya ya!

Belanja Offline:
(+) Bisa lihat langsung dan coba barangnya, terutama untuk alat gambar yang belum pernah kita pakai sebelumnya. Misal, ketika akan membeli sebuah brush pen (note: setiap brush pen feel nya berbeda dan gak akan terbayang hanya dengan baca deskripsi singkat yang ada di toko online), kamu bisa coba terlebih dahulu dan pilih yang menurut kamu lebih nyaman, dan lihat langsung warna-warna yang kamu butuhkan.
(+) Bisa bandingkan langsung setiap produk yang mirip. Seringkali ada produk yang mungkin sulit untuk dibayangkan kecuali kita lihat dan pegang langsung barangnya. Misalnya kertas untuk menggambar.
(+) Bisa langsung tanya-tanya ke pelayan toko mengenai alat gambar yang kamu butuhkan dan minta saran lainnya.
(+) Selesai bayar, langsung dibawa pulang. Ga perlu menunggu.

(-) Biasanya harga lebih mahal.
(-) Seringkali ada rasa segan kalau udah lihat-lihat, bertanya, dan coba, tapi gak jadi beli.
(-) Menghabiskan waktu saat perjalanan menuju toko. Dan jangan lupa ada biaya ongkos / bensin + parkir.
(-) Seringkali tergiur dan merasa spark joy😀 dengan barang-barang yang di display, padahal tidak butuh.

Belanja Online :
(+) Praktis. Tinggal scroll, klik, bayar, dan barang akan dikirim.
(+) Bisa bandingkan harga dan kelengkapan dari beberapa toko sekaligus, tanpa perlu merasa gak enak kalau gak jadi beli😅.
(+) Biasanya harga lebih murah.
(+) Sering ada promo cashback, flash sale, dan gratis ongkos kirim.
(+) Bisa baca dulu review para customer yang sudah belanja di toko yang sama.

(-) Ada kemungkinan barang ga sesuai dengan dengan di gambar. Selain mengenai masalah warna, seringkali apa yang terlihat di layar berbeda dengan warna aslinya.
(-) Gak bisa coba coba dan bandingkan produk secara langsung. Hanya bisa membandingkan berdasarkan apa yang tertera pada deskripsi produk, atau review yang ada di internet.
(-) Harga produk belum termasuk biaya ongkos kirim. Beberapa e-commerce biasanya mengadakan promo gratis ongkos kirim dengan menentukan nominal minimal belanja, sehingga seringkali membuat konsumen tergiur untuk menambah barang di keranjangnya.
(-) Harus sabar menunggu kiriman dari kurir dan dalam pengiriman tentunya ada resiko pengiriman (misalnya barang rusak, walaupun jarang terjadi).

Nah, sebagai tips, kamu bisa juga cari toko fisik yang juga menjual barang-barangnya secara online. Kalau di Bandung salah satunya adalah Bandung Graha Lukis yang ada di jalan Padjadjaran. Aku pernah kesana dan udah beberapa kali beli via Shopee dan Tokopedia juga, disana barangnya lumayan lengkap dan harganya bersaing (bukan endorse ya ini wkwkwk).

That’s it! Mungkin disini aku cuma state the obvious ya hehehe, dan biasanya setiap orang udah punya preferensi masing-masing, apakah lebih suka belanja offline atau online. Aku sih jauh lebih suka belanja online karena anaknya mager hahaha. Terutama untuk barang yang biasa aku repurchase seperti drawing pen, pastinya belanja online akan jadi pilihan pertamaku. Kalau barang yang aku beli gak sesuai ekspektasi (beberapa kali terjadi), paling jadi koleksi, no regrets🤣

Kamu sendiri, lebih suka belanja online atau belanja offline? 😀

One thought on “Belanja Alat Gambar: Pilih Online atau Offline?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s