Pen Review: Tombow ABT Dual Brush Pen Vs. Sakura Koi Coloring Brush Pen

(disclaimer: review ini 100% pendapat pribadi)

Tombow ABT Dual Brush Pen dan Sakura Koi Coloring Brush Pen merupakan dua pen yang cukup mainstream, karena memang gampang banget untuk didapat di berbagai tempat. Banyak lettering artist yang merekomendasikan kedua merek ini karena pilihan warnanya yang banyak dan cantiksss!

Menurutku, keduanya punya kelebihan masing-masing, tapi manakah yang lebih cocok untuk kamu? Mari kita bandingkan!

(Bisa klik di sini ya untuk baca ulasan lengkap dariku mengenai brush pen Tombow.)

img_20190517_135825-01
Tombow ABT Dual Brush Pen & Sakura Koi Coloring Brush Pen.

Penampakan

Seperti gambar di atas, dapat kita lihat bahwa secara ukuran Tombow lebih panjang daripada Koi, mungkin karena Tombow ini memiliki dua tip (namanya juga dual brush pen). Perbedaan panjang keduanya sekitar 5cm. Bentuk Tombow yang panjang kadang membuat dia kurang fit alias gak cukup di tempat pensil pada umumnya, sedangkan ukuran Koi yang lebih pendek membuatnya lebih enak untuk dibawa-bawa.

Tip / Ujung Pena

Sakura Koi memiliki satu tip yang berbentuk brush, sedangkan Tombow memiliki dua tip: brush tip dan fine tip. Fine tip, atau tip yang lebih kecil ini membantu banget untuk membuat berbagai kreasi lettering. Gak perlu beli lagi fineliner atau spidol dengan warna yang sama karena sudah sepaket dengan brush tip nya.

img_20190517_132141-01
Perbandingan brush tip Tombow ABT (atas) dan Sakura Koi (bawah).

Secara visual, ujung brush Sakura Koi sedikit lebih kecil namun ketika dicoba, rasanya gak jauh berbeda. Sakura Koi terasa lebih lentur alias sedikit lebih sulit untuk dikontrol dibandingkan Tombow. Aku sendiri lebih suka pakai Tombow karena faktor ini.

Mengenai ketahanan atau keawetan tip, menurutku keduanya akan awet selama kalian memakainya dengan benar. Kalau salah pemakaian, yaa gak akan jauh-jauh dari fraying alias ujungnya rusak / berjumbai :’)

Btw, aku sejujurnya kurang merekomendasikan kedua brush pen ini untuk yang baru pertama banget belajar brush lettering. Kenapa? Ya karena tadi itu, keduanya punya tip yang relatif besar dan lentur sehingga agak sulit untuk dikontrol, dibandingkan dengan beberapa brush pen lain yang lebih beginner-friendly seperti Tombow Fudenosuke atau Artline Stix yang tip-nya lebih keras dan gampang dikontrol.

Hasil Coretan / Stroke

Untuk perbandingan, disini aku sengaja pakai warna yang lumayan mirip, yaitu Sakura Koi no.124 (Iris) dan Tombow no.665 (Purple). Berikut stroke dari masing-masing pen:

image
Hasil scan perbandingan stroke Sakura Koi (atas) dan Tombow ABT (bawah).

Dari segi ukuran, kayaknya agak sulit ya membedakan keduanya, karena hasil coretannya benar-benar mirip.

Mengenai pigmentasi tinta, menurutku keduanya juga gak jauh beda. Pada perbandingan di atas, mungkin terlihat Sakura Koi lebih pigmented dibandingkan Tombow ABT, tapi sepertinya karena si Tombow ini lumayan sering aku pakai dibandingkan Sakura yang cukup jarang aku pakai.

Blending

Kedua pen ini juaranya blending! Juicy, watery, dan bisa banget dicampurkan dengan berbagai warna lainnya selama belum kering total. Kalau udah kering masih bisa di-blend sih, tapi hasilnya gak akan se-smooth kalau pas tintanya masih basah. Dan, kalau kita blend satu warna dengan warna lain yang kontras hasilnya bisa bagus juga loh. (Untuk warna yang kontras aku sarankan blending menggunakan blender-nya ya!)

img_20190517_131353-01
Yasss dua-duanya memang sebagus itu 😀 Btw ini di-blend dengan warna hitam di brush-nya langsung, jadi hasilnya memang pasti berbeda-beda tergantung sebanyak apa tinta hitam yang kita ‘setor’ ke si ungu.

Harga

Sakura Koi Brush Pen: sekitar 16K (online)

Tombow ABT Dual Brush Pen: sekitar 20K (online), 25K (offline)

Pilihan warna

Dibandingkan brush pen lain yang tersedia di Indonesia, mereka berdua punya warna paling lengkap. Sakura Koi memiliki 48 warna + blender, Tombow memiliki 96 warna + blender. Dan setauku, Tombow juga baru-baru ini menambah koleksi warnanya, yaitu seri pastel yang gemesin!

 

Jadi, Tombow atau Sakura Koi?

Dibandingkan Sakura Koi, aku pribadi lebih nyaman pakai Tombow karena lebih mudah dikontrol. Selain itu, Tombow juga memiliki pilihan warna yang lebih banyak dan ia sudah built-in dengan fine tip yang berguna banget untuk kasih dekorasi pada lettering. Tapi, kalau kamu lebih suka tip yang lebih fleksibel, mungkin kamu bakal lebih suka pakai Sakura Koi. Selain itu, Sakura Koi ini harganya lebih terjangkau dan ukurannya lebih mini jadi bisa dibawa jalan.

Apa kamu udah coba? Pen mana yang lebih kamu suka? Kalau ada tambahan lain boleh post di kolom komentar ya!

BACA JUGA: Review SEMUA Brush Pen di Indonesia!

One thought on “Pen Review: Tombow ABT Dual Brush Pen Vs. Sakura Koi Coloring Brush Pen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s