Menulis tanpa Membaca, Susah!

“Writing requires input and output. You need to feed your mind and then use it to produce valuable thoughts. The higher quality your inputs, the higher quality your outputs.” (dikutip dari artikel di Medium)

Couldn’t agree more with this! Selama melakukan 30-day writing challenge ini, kerasa banget menulis sedikit lebih mudah saat kita banyak membaca. Walaupun bacaannya gak berkorelasi dengan apa yang ingin ditulis, tulisanku sedikit lebih “mengalir” saat aku sedang membaca sesuatu. Setelah “keseringan” main Instagram (dan YouTube) beberapa tahun terakhir ini, suguhan visual menjadi santapan sehari-hari. Seringkali aku scroll timeline untuk menikmati foto atau video saja tanpa membaca caption, karena, paling isinya quote-quote yang ga ada korelasinya dengan gambar. Wkwkwk. Yaaa kecuali untuk beberapa teman dekat atau influencer yang benar-benar influences aku. Hehe.

Setelah aku baca puluhan artikel mengenai berbagai topik di Medium bulan lalu, aku merasa termotivasi untuk menulis. Bisa dibilang, input ini yang membuatku sedikit gak sabar untuk menciptakan output. Simpelnya, I do want to share things that might help people, like their writings did to me. Katanya sih, yang penting mulai dulu, just press those damn keys! 😀 

Aku cukup sadar dengan tata bahasa Indonesia-ku yang berantakan, karena memang aku cukup jarang baca buku atau artikel berbahasa Indonesia. Aku gak sering membaca, dan ketika membaca, buku atau artikel berbahasa Inggris terasa lebih nyaman buatku; entah kenapa terasa lebih valid(?) dan lebih mudah aku pahami. Aku juga aware kok bahasa Inggris-ku masih pas-pasan, sama berantakannya dengan bahasa Indonesia-ku, tapi justru dengan menulis ini aku merasa bisa belajar banyak. Untuk membuat tulisan sepanjang ini saja aku butuh lebih dari satu jam, bisa bayangkan kan aku masih sangat kesulitan dalam menuangkan apa yang di otak ke dalam bahasa tulisan? :’)

Balik lagi ke kutipan di atas, tentunya susah dong ya menciptakan tulisan-tulisan yang bermakna kalau bacaan kita aja gak berkualitas atau bahkan gak pernah baca. Makanya saat ini aku belajar untuk baca lebih banyak agar bisa menulis lebih banyak, baik dalam bentuk buku, artikel, atau postingan teman-teman di WordPress ini; you guys help me a lot! 

Kalau teman-teman punya rekomendasi blog yang tulisannya menginspirasi kalian untuk terus menulis, boleh dong di-share di kolom komentar 🙂

4 thoughts on “Menulis tanpa Membaca, Susah!

  1. Dalam seminggu banyak hal kita alami (pengalaman sendiri, membaca, nonton film dsb). Kalau diurut dari masa kecil, bisa dibilang kita punya bahan untuk menulis dalam jumlah yang tak terhingga.

    Maka alih-alih tidak punya ‘ikan’, problemnya mungkin lebih kepada ikannya mau kita masak bagaimana (pedas, asin, manis, rebus, goreng, banyak topping dll). Ini yang perlu jam terbang. Jadi saya setuju dengan Clumsy Yellow: menulis saja dulu (sambil diseling nonton/baca dan segala macam itu).

    Oya, soal ‘ikan’, sepertinya sih tidak harus sesuatu yang ‘wow’ atau trending (dan kita semata-mata cuma ikut arus agar kebagian perhatian), tetapi yang prinsipiil kita memang benar-benar ingin menulis tentang itu. Ini maksudnya agar spirit terjaga dan sekaligus sebagai kontrol internal agar kita ingat untuk senantiasa berusaha menjaga kejujuran kepada diri sendiri (Express, not impress)..

    Contoh konkrit misalnya dua tulisan terakhir saya (bisa cek jika berkenan, tak harus tinggalkan jelak) ‘problem pinggir jalan’ (berapa persen orang sih yang doyan dengan topiknya?) atau ‘petarade’ (banyak blogger mungkin malah pamali dengan topik seperti ini). Tetapi karena saya ‘kepingin’, ya cuek saja. 🙂

    PS: Maaf kalau komennya kepanjangan. 🍸

    Like

Leave a Reply to kutukamus Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s