Pen Review: Joyko Brush Pen

(disclaimer: review ini 100% pendapat pribadi. Joyko brush pen ini muncul di timeline salah satu aplikasi e-commerce di hapeku kemarin banget, dan langsung cussss aku beli. Jadi ini review berdasarkan first impression ya.)

Highlight-ku dari brush pen Joyko ini adalah: MURAH BANGET! Satu pak berisi 12 warna aku beli dengan harga 31,000 aja. Murah banget gak sih😭😭😭 DAAANNN dia punya dua tip! Brush tip dan fine tip. Mantap banget kan, dengan harga segini menang banyak. Bagaimana dengan kualitasnya? Yuk mari kita bahas!

img_20190511_110832-01
Harga satu set brush pen Joyko = Harga satu buah brush pen Tombow fude twin tip. 31ribu aja!

BACA JUGA: Review SEMUA Brush Pen di Indonesia!

Penampakan

Brush pen Joyko ini warna-warnanya cukup menarik, namun secara keseluruhan tampak biasa saja, yang jelas gak keliatan murahan kalau dilihat sekilas. Tapi, kalau kita perhatikan lebih dekat, pen ini terasa jauh dari kata “eksklusif”. Ya memang terjangkau banget sih, jadi sesuai. Hehe.

Tip / ujung pena

Nah kita masuk ke poin yang paling penting dari sebuah brush pen. Ukuran dari tip nya medium, gak kecil dan gak besar, kurang lebih sama dengan Tombow ABT Dual Brush (bisa baca review dariku di sini :D). Ujung pena terasa relatif soft alias lembut dan fleksibel.

Yang aku sayangkan, sebagian pen dari satu set ini tip-nya sedari awal sudah agak rusak dan sudah tidak lancip alias frayed. Entah aku yang lagi sial dan dapat produk “gagal”, atau memang produknya semua seperti ini. Yang pasti, sayang banget. Sedih akutu.

img_20190511_041242
Hatiku potek, 6 dari 12 pen baru dibuka udah frayed gini huhuhu.

Mengenai keawetan aku belum bisa review karena ini baru banget aku pakai. Cuma aku agak sedikit ragu karena sebagian pen baru dibuka udah gak bagus😢 Semoga 6 lainnya baik-baik saja dan awet.

Mengenai stroke / hasil coretan, dia cukup smooth dan flowy seperti brush pen pada umumnya. Untuk fine tip nya gak ada masalah sama sekali👍🏼

Tinta

Overall warna yang keluar bright dan kusuka, terutama Peach nya cantik banget! Hanya saja, tinta dari brush pen Joyko ini menurutku agak kurang konsisten. Beberapa warna tintanya pigmented, seperti ungu dan biru. Tapi ada juga beberapa warna yang kurang pigmented seperti warna hitam dan cokelat.

img_20190511_111008-01
Joyko brush pens’ color swatch.

Satu lagi hal yang agak aku sayangkan, kalau dibandingkan dengan Tombow Dual ABT, tinta si Joyko relatif lebih rentan feathering di kertas-kertas tertentu (merembes ke pinggir gitu).

Blending

Pada kemasan gak ada keterangan apakah dia ini water-based (makin watery biasanya makin gampang di-blend) atau tidak. I tried it anyway dan warnanya cukup bercampur dengan baik walaupun relatif cepat kering. Aku buat perbandingan dengan beberapa brush pen lain, silahkan nilai sendiri ya:

img_20190511_110507-01
Perbandingan hasil blending beberapa brush pen tanpa menggunakan blender, menggunakan kertas cat air Arto. Dibuat agak terburu-buru tapi semoga bisa menggambarkan perbandingannya.

Grip

Biasanya aku gak masalah dengan pulpen mana pun mengenai grip atau feel saat kita memegangnya. Tapi, aku kurang nyaman dengan pen ini di bagian yang bergerigi hiks.

img_20190511_113724-01-2
Bagian bergeriginya lama-lama bikin sakit kalau cara pegang pulpennya seperti ini.

Kesimpulan

Harga berbanding dengan kualitas sih. Hehe. Kalau kamu sedang akan belajar brush lettering, menurutku brush pen Joyko ini cukup bagus dan sangat sangat bersahabat dengan kantong. Pilihan warna memang terbatas (ada satu set berisi 12 dan 24), tapi dia dapat di-blend dengan cukup baik. Ukuran tip yang medium dan fleksibel juga bagus untuk kamu latihan. Ada fine tip nya juga sebagai bonus. Tapi, ada baiknya kamu punya beberapa brush pen lain sebagai perbandingan, terutama jika kamu ingin explore lebih banyak warna dan style.

Oh iya, kalau kamu bukan beli online, alias bisa cek produknya dulu sebelum beli, pleaseeeee cek tip / ujung brush nya ya! Pastikan tip setiap pen masih rapi dan gak frayed☺️ Biar gak sedih kaya aku hahaha.

On another note, kalau kamu punya budget lebih, aku lebih rekomendasi Faber-Castell Calligraphy Brush Pen, harganya sekitar 60-70ribu, lebih satisfying dan menurutku akan lebih awet. Akan ku review lain waktu ya. Tapi kalau budget kamu terbatas, baru mau belajar, atau hanya iseng-iseng aja, gak ada salahnya coba Joyko brush pen ini. Selamat berkreasi!

BACA JUGA: Pen Review: Kenko Brush Pen!

3 thoughts on “Pen Review: Joyko Brush Pen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s