Pen Review: Snowman Drawing Pen Vs. Sakura Pigma Micron

(disclaimer: review ini 100% pendapat pribadi)

Fineliner atau drawing pen merupakan salah satu kebutuhan pokok untuk menggambar, dan brand yang paling sering kita temui di Indonesia tentunya Snowman Drawing Pen dan Sakura Pigma Micron. Apakah yang lebih mahal berarti lebih worth? Yuk bandingkan kedua drawing pen ini!

img_20190507_164713
Pasti udah gak asing yaa sama kedua pulpen ini 😀

Harga

Snowman Drawing Pen: Di toko buku seperti Gramedia harganya sekitar 12ribu, kalau cari online harga 7ribu pun dapet kok hehe.

Sakura Pigma Micron: Sekitar 18ribu di toko-toko online. Yes, harganya relatif mahils, lebih dari dua kali lipat Snowman.

Sakura ini merek dari Jepang (lol obviously), sedangkan Snowman ini setahuku merek lokal, sehingga wajar harganya lebih murah.

Ukuran

Snowman Drawing Pen tersedia dalam ukuran 0.05 – 0.8.

Sakura Pigma Micron tersedia dalam ukuran 0.03 – 0.8.

Ketahanan ujung pena

Setelah puluhan pulpen yang habis aku pakai untuk menggambar, I would say si Micron menang banget sih dalam hal ini dibandingkan Snowman. Hingga saat tintanya habis, ujung pena dari Sakura Pigma Micron masih stay in shape alias gak berubah. Masih lancip dan enak untuk dipakai. Sedangkan Snowman, ujung penanya seringkali agak berubah dan hasil coretan menjadi lebih besar dari ukuran awalnya, bahkan sebelum tintanya habis.

Kalau Micron, saat berganti ke pen yang baru saat tintanya habis, rasanya masih sama saat dipakai. Misal, Micron 0.5-ku habis dan kuganti dengan Micron 0.5 yang baru, rasa dari ujung pena nya gak jauh beda. Sedangkan kalau aku mengganti Snowman 0.5 lama dengan Snowman 0.5 yang baru, rasanya kerasa “baru” karena pen yang lama sedikit demi sedikit ujung penanya menjadi lebih tumpul.

Ini mungkin juga dari cara aku memakai pen yang terlalu ditekan, tapi yang pasti ujung pena si Micron lebih tahan lama daripada si Snowman.

Tinta

Dilihat dati hasil coretan, tinta keduanya tidak jauh beda. Sama-sama hitam pigmented. (Ada beberapa warna lain dari Snowman dan Micron, tapi belum pernah coba jadi no comment deh ya untuk warna lain.) Dua-duanya harus ditunggu beberapa detik setelah dipakai agar tintanya gak smudge dan menjadi waterproof.

Dilihat dari umur tinta, bagiku Sakura Pigma Micron lebih awet dan panjang umur. Selain itu, si Micron ini saat tintanya habis, ya habis. Macet sedikit dan gak lama memang habis. Beda dengan Snowman, saat dia akan habis, dia macet-lancar-macet-lancar dulu sebelum benar-benar habis.

Kesimpulan

Menurutku pribadi, secara kualitas dan umur memang Sakura Pigma Micron lebih OK, tapi dari segi harga tentunya Snowman Drawing Pen menang jauh hehehe. Aku sendiri pakai dua-duanya secara bergantian. Saat lihat hasil akhir dari gambar-gambarku, kadang sulit untuk mengingat pulpen mana yang dipakai karena memang hasil coretan kedua pen ini tidak jauh berbeda.

Apa kamu udah coba dua-duanya? Menurutmu gimana? Kalau masih bingung, gak ada salahnya untuk coba keduanya kok. :’D

15 thoughts on “Pen Review: Snowman Drawing Pen Vs. Sakura Pigma Micron

      1. truuuee, kalau bikin sketsa bakal jadi terkesan seperti “aksen”. kalau bikin detail pattern, kadang jadinya sedikit berantakan😂

        Like

  1. clumsyyellow, I am so glad you liked my blogs. Thank you. And thank you very much for following my blog now, and from so far away. Geography doesn’t stand in the way any more! I hope your art becomes your best friend in these 30 days.

    Like

    1. Greetings from Indonesia, Grace! I found you from one of Christian Mihai’s posts and I love your writings! 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s